Kegiatan Bakti Sosial oleh Keluarga Besar Prodi Kimia Bersama Ikatan Mahasiswa Kimia (IMKI) FST Universitas Jambi dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Januari 2018 di Yayasan Al-Fatih Ihsan Kota Jambi.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dosen Kimia, Senior, Junior serta Pengurus IMKI FST UNJA. Kegiatan dimulai dengan pembukaan pada pukul 14.30 WIB oleh Ketua Jurusan MIPA FST UNJA, Dr. Madyawati Latief, S.P., M.Si dan Diawali dengan kata sambutan dari Ketua IMKI, Abdurrazaq Habib Fadhillah.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan Sembako dari Ibu Madyawati kepada Ibu Pengurus Yayasan dan bingkisan Alat Tulis dari Abdurrazaq kepada salah satu perwakilan anak panti, serta juga penyerahan uang sumbangan, beras dan beberapa barang lainnya. Pembukaan diakhiri pada pukul 15.00 WIB dengan pembacaan doa oleh salah satu senior Kimia, Ahmad Taupik, S.Si.

Kegiatan ini bertemakan tentang “Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari”. Penyajian materi disampaikan oleh Meyly (2015), Irhash (2016) dan Reni (2016). Materi yang disampaikan cukup umum yaitu bahaya dari penggunaan Pengawet, Pemanis dan Pewarna Buatan. Materi ini sesuai untuk anak-anak yang merupakan konsumen terbesar dari produk buatan tersebut. Maka dari itu, selain mengenalkan sedikit dari sisi kimia (seperti jenis-jenis bahan buatan tersebut) tetapi lebih ditekankan pada efek buruk terhadap konsumen. Dengan begitu, materi ini dapat memberikan tambahan ilmu serta antisipasi adek-adek panti untuk lebih bisa mengatur kebiasaan konsumsinya yang merupakan tujuan dari pengabdian Mahasiswa Kimia kepada Masyarakat (adek-adek panti asuhan). Sosialisasi materi selesai sampai pukul 15.30 WIB dan dihentikan sejenak untuk Sholat Ashar.