Inagurasi Kimia 2017 merupakan suatu acara yang bertujuan untuk mengukuhkan dan menyambut mahasiswa baru Program Studi Kimia Angkatan 2017 secara formal. Selain itu, tujuan lain acara inagurasi kimia 2017 ini sebagai sarana untuk lebih mengakrabkan hubungan antara senior dengan junior serta alumni dan juga memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk menjadi mahasiswa yang intelektual, kreatif dan nasionalis. Acara inagurasi kimia dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Desember 2017 mulai pukul 09.00 17.00 WIB, yang bertempat di Gedung Aula PSBRW Harapan Mulya Dinas Sosdukcapil, Provinsi Jambi. Acara inagurasi kimia ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa kimia mulai angkatan 2017 ke atas, alumni dan dosen Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universias Jambi.

Acara inagurasi kimia 2017 memiliki tema yaitu Flight (Chemistry Air) dimana mengambil konsep Penerbangan dengan Pesawat Chemistry Air yang berawakkan Pilot, Pramugari/Pramugara dan Penumpang. Pilot dijabat oleh Ketua panitia (Rinaldi Satria Angkatan 2015) dan pramugari/pramugara oleh panitia dari mahasiswa/mahasiswi kimia angkatan 2015-2016. Penumpang pesawat adalah Dosen dan mahasiswa kimia lainnya. Acara ini berjalan dengan baik dan cukup meriah karena diisi oleh banyak acara informal.

Acara terbagi atas 2 sesi yaitu sesi Formal; pembukaan acara dan pengukuhan Angkatan 2017 dan sesi Non-Formal; acara hiburan seperti parade, minishow (vokal, tari, dance), pembagian awards dan foto bersama. Acara formal dimulai pada pukul 09.00 WIB berupa acara Formal seperti pembacaan umul Quran, Tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan ketua pelaksana, sambutan ketua IMKI FST UNJA, sambutan Ketua Prodi, sambutan Wakil Dekan III serta ditutup dengan pengukuhan Mahasiswa Kimia Angkatan 2017 dimana pengukuhan dilakukan oleh Dosen Kimia yaitu Bapak Rahmat Basuki, S.Pd., M.Sc. dengan memberikan Jaket IMKI sebagai simbol pengukuhan Kimia Angkatan 2017 kepada dua orang perwakilan mahasiswa Kimia Angkatan 2017. Acara formal selesai pada pukul 11.00 WIB dan dilanjutkan dengan acara non-formal.