PETER MFC (Peat Water Microbial Fuel Cell) : Pemanfaatan Air Gambut sebagai Energi Listrik dengan Konsep Double Chamber Microbial Fuel Cell Menggunakan Substrat Ampas Nanas (Ananas comosus L. Merr)

Inovasi ini mengangkat potensi Jambi dalam hasil agroindustri yaitu nanas dan potensi air dari lahan gambut di kabupaten Tanjung Jabungn Timur. Sistem kerja MFC adalah mendapatkan sumber energi listrik dari aktivitas mikroorganisme yang ada dalam air gambut dengan substrat glukosa dari limbah nanas. Selain menghasilkan energi terbarukan dan ramah lingkungan, inovasi ini juga dapat menjadi solusi keterbatasan air bersih di daerah Tanjung Jabung Timur, karena hasil akhir dari kerja PETER MFC adalah air yang bersih.

Penemuan ini diinisiasi oleh mahasiswa Prodi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi : Nesya el Hikmah, Hana Islamiati Amalina, dan Siti aisyah. Perlombaan Youth submit 2017 ini merupakan kegiatan yang di selenggarakan oleh UKM F penalaran Universitas Trunojoyo Madura pada tanggal 13-15 oktober. Event bekerjasama dengan MITI (Masyarakat Ilmuan dan Teknologi Indonesia) menghadirkan Menteri BUMN ke-7 RI Bapak Dahlan Iskan yang memberikan motivasi bagi pemuda agar terus berinovasi. Ada ratusan full paper yang masuk dan mendaftar pada event ini, lalu di seleksi hingga diperoleh 10 inovasi dan ide terbaik untuk melanjutkan ke tahap final yang berasal dari berbagai perguruan tinggi diantaranya (Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Jambi, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Politeknik Bandung). Dari 10 tim yang lolos menuju tahap final yang dilaksanakan di Universitas Trunojoyo madura, Tim dari Universitas Jambi berhasil memperoleh juara 2. Selamat, dan maju terus! (Rah).