Dalam rangka merealisasikan peningkatan mutu Perguruan Tinggi, Program Studi DIII Kimia Industri dan Analis Kimia mengikuti kegiatan Workshop Penguatan Kurikulum Pembangan Pembelajaran yang diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 10 November 2016 yang diperuntukkan prodi di lingkungan FST UNJA. Bertempat di Grand Hotel Jambi, kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor: Universitas Jambi: Prof. Dr. Ir. Zulkifli Alamsyah, M.Sc. dan menampilkan Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si. sebagai narasumber. Kegiatan ini diikuti oleh 4 Jurusan yaitu Jurusan MIPA (Program Studi Sarjana Kimia, Matematika, Fisika, Biologi, Program Studi Diploma III Kimia Industri dan Analis Kimia), Jurusan Teknik Kebumian (Program Studi Sarjana Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan), Jurusan Farmasi (Program Studi Sarjana Farmasi), dan Jurusan Teknik Informatika (Program Studi Sarjana Sistem Informasi). Workshop ini dihadiri dosen-dosen dari ke-11 prodi di lingkungan FST UNJA, Stakeholder dari masing-masing prodi, dan perwakilan mahasiswa masing-masing prodi.

 img-20161110-wa0010

Pembukaan oleh Wakil Rektor IV: Prof. Dr. Ir. Zulkifli Alamsyah, M.Sc

20161110_143421

Sambutan dari Dekan FST UNJA; Prof. Drs. Sutrisno, M.Sc., Ph.D

Dalam sambutan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Prof. Drs. Sutrisno, M.Sc, Ph.D menyampaikan tujuan diselenggarakan workshop adalah untuk meningkatkan mutu kurikulum prodi di FST UNJA. Workshop juga diharapkan meningkatkan kemampuan para dosen dalam penyusunan kurikulum. Peserta diharapkan  dapat menularkan kemampuannya kepada rekan sejawat di kampus untuk meningkatkan mutu kurikulum.

Dalam workshop peserta bukan hanya memperoleh penjelasan komprehensif tentang penyusunan kurikulum dengan mengacu kepada SN Dikti dan KKNI dari narasumber, melainkan juga memperoleh bimbingan langsung dalam menyusun kurikulum. Pada akhir kegiatan beberapa perwakilan peserta mempresentasikan hasil penyusunan kurikulumnya. Melalui presentasi, mereka  dapat saling sharing tentang hasil penyusunan kurikulumnya, sehingga memperkaya tentang bagaimana penyusunan kurikulum yang baik. Narasumber memberikan tanggapan dan masukan atas presentasi peserta sehingga memperkaya kurikulum dan memperkuat pemahan peserta tentang penyusunan kurikulum.

20161110_105428

20161110_131327

Workshop sejenis masih akan dilakukan lagi dalam tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Hal ini karena dirasakan manfaatnya oleh para pihak khususnya program studi. Upaya peningkatan mutu kurikulum dan pembelajaran menjadi hal sangat esensial guna menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang bermutu pula.

img-20161110-wa0008

img-20161110-wa0006